Selasa, 02 Juli 2013

Terjadinya Desa Tanjung Sari



Pada umumnya setiap tempat mempunyai riwayatnya sendiri. Nama tempat biasanya mengambil nama hewan, nama tumbuhan, nama seseorang atau nama lain yang di anggap mempunyai tuah sakti bagi tempat itu.
Dalam memberikan nama tentu saja tidak asal memberi nama namun pemberian nama itu tentu mengandung suaturiwyat tersendiri.
Demikian pula nama desa tanjung Sari yang terletak di kecamatan pemalang kota. Dari kota pemalang jaraknya jaraknya antra tiga kilometer ke utara, juga mempunyai riwayat yang unik. Menurut kepercayaan penduduk setempat, tanjung sari mempunyai peran penting dalam perjalanan sejarah di pemalang, karena tempat ini dahulu adalah pelabuhan kabupaten pemalang.
Di desa tanjung sari bermuara sungai srengseng yang ternyata dapat dilayari sampai mendekat ke kota pemalang dan bukan kebetulan bahwa sungai itu pada zaman dahulu berad didepan kabupaten pemalang.
Untuk mengusut asal-usul desa ini, ceritanya sebagai berikut.
Kacarita dewi mayangsari ngerti yen pangeran benawa lolos. Dewi mayangsari sumedya nggoleki, uga banjur lolos. Ora metu darat nanging metu segara. Nitih prau nunut praune wong golek iwak. Bareng tekan tlatah pemalang, banjur munggah(mentas). Terus nakok-nakokake ana ngendi anggone pangeran benawa.
Pangeran benawa midanget yen dewi mayangsari nusul, mula utusan kyai mangori didawuhi balekake sang putri. Kyai mangori iku misuwur digdaya banget. Ora tedas gaman keris ora ana sing pasah deweke. Bareng tekan pinggir segara ketemu karo sang putri. Sawise takon-tinakon, banjur matur: “sang putri panjenengan karaya-raya dateng pemalang, badhe perlu punapa?”
Sang putri nuli nyritakake tujuane. Ya kuwi arep goleki pangeran benawa. Sebab pengin dipundhut garwa pangeran benawa. Kyai mangori matur, yen pangeran benawa ora ana ing pemalang. Sang putri diaturi kondur dateng cirebon. Dewi mayangsari ora kersa. Ngerti yen diapusi. Sebab ngerti yen pangeran benawa ana ing desa mangori. Dialang-alangi tetep meksa mberot, arep tindak ngidul. Kyai mangori kwatir mbok menawa didukani pangeran benawa. Kyai mangori ngalang-alangi. Sang putri ya ora kersa dialang-alangi, mundhut patreme, yaiku keris cilik, ndodok ana ing gelung. Kaya tusuk konde.
Kyai mangori weruh sang putri ngunus patrem., ngguyu lakak-lakak. “lha aku kok diwedeni keris cilik. Iki kyai mangori lho, ora ana gaman sing pasah ing awakku”. Sang putri midanget sumbere kyai mangori. Cus!! Dlodok, pasah metu getihe. Kyai mangori kaget banget. Lha kok ana gaman sing pasah ing awakke. Sanalika napsu banget. Ngunus kerise. Sang putri disuduk. Kena dadane. Dawah, terus seda. Layone banjur dipendhem ing ngisor wit tanjung. Nganti saiki desa iku katelah tanjungsari. Asale saka wit tanjung lan dewi mayangsari.
Inilah sumber pertama terjadinya desa tanjungsari yaitu dari pohon tanjung dan dewi mayangsari.
Sumber kedua cerita tentang raden maoneng, menurut cerita babad ini bahwa nama tanjungsari berasal dari pohon tanjung dan sari yang artinya darah. Misal nggarapsari=datang bulan, saren=darah.
Sumber ketiga adalah soal cerita VOC  terhadap pekerja rodi yang mengerjakan jalan raya. Sebagaimana kita tahu bahwa di pemalang diterjang jalan raya buatan deandels, sehingga tidak heran kalau pada saat itu dikerahkan banyak pkerja rodi. Karena banyak pemuda atau orang laki-laki yang terkena pekerjaan itu.
Karena siksaan yang berat dan penderitaan yang tak tertahan, maka banyak pkerja rodi yang melawan terhadap kekejaman itu. Mereka ada yang memberontak atau yang melarikan diri. Dari sekian banyak yang melakukan perlawanan itu, tidak sedikit pula yang tertangkap kembali dan pada umumnya mereka dibunuh di tepi pantai, ssehingga di tempat itu banyak menalir darah.
Dan tradisi itu dilanjutkan saat pembuatan pabrik gula, tidak sedikit kuli rodi yang dibunuh di tepi pantai. Dari sumber ini tanjung sari bersal dari, tanjung=nama tempat di tepi pantai,  dan sari=darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar