Rabu, 24 Juli 2013

KYAI LANGGENG



            Kyai Langgeng merupakan salah satu seorang pejuang kemerdekaan. Pada saat Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda di wilayah tanah jawa khususnya di wilayah Magelang, Kyai Langgeng sebagai seorang paneeahat dan seorang ulam atau kyai. Kyai Langgeng merupakan penasehat seperjuangan dengan Ali Basa Sentot dan Kyai Mojo.
            Beliau membaktikan diri seumur hidupnya kepada Pangeran Diponegoro. Sampai akhir hayatnya beliau bertempat tinggal di Magelang. Setelah wafat, beliau dimakamkan di Magelang. Yang sekarang makam itu berada di tengah-tengah taman Kyai langgeng.Taman Kyai langgeng diambil dari nama Kyai Langgeng ini sendiri. Kyai Langgeng wafat pada tahun 1829.

            Untuk silsilah keturunan beliau belum ada yang tahu. Tidak ada yang tahu Kyai Langgeng itu berasal dari mana dan trahnya siapa. Yang masyarakat tahu Kyai Langgeng merupakan pejuang yang membatikan diri kepada Pangeran Diponegoro dan berasal dari Mataram. Namun, untuk alasan mengapa Kyai Langgeng sampai ke Magelang masyarakat tiidak ada yang tahu.
            Taman Kyai Langgeng berada di Magelang, tepatnya di jalan Cempaka No. 6 Kota Magelang. Selain terdapat makam Kyai Langgeng yang selalu menjadi tempat ziarah. Taman Kyai Langgeng ini juga merupakan pusat percontohan flora dan fauna, serta wahana bermain.
            Gambar kisah perjuangan Kyai Langgeng bersama Pangeran Diponegoro. Lukisan dinding ini bisa dilihat pada pintu masuk taman Kyai Langgeng.

5 komentar:

  1. Minggu kemaren menjelang tahun baru, kita berziarah di Makam KL, tempatnya bersih sejuk dan air jembangan untuk cuci kaki dan cuci muka sangat dingin menyegarkan....Juru kuncinya namanya lupa, tinggal di Karang Lor Magelang

    BalasHapus
  2. Alasan kyai langgeng sampai magelang karena ikut gerilya dengan pangeran diponegoro, pangeran diponegoro mulai bergrilya dari gua selarong kearah barat sampai perbatasan purworejo, lewat bukit menoreh, kearah kaliangkrik kemudian sampai di karesidenan dan tertangkap di karesidenan kedu... di sepanjang jalur gerilya tersebut banyak makam para pengikutnya...

    BalasHapus
  3. Bersih, nyaman, pingin kesana lagi.

    BalasHapus
  4. Apa betul eyang kyai langgeng alias RM.Soerjowijoyo Koesoemo

    BalasHapus
  5. di website https://www.kyailanggeng.com/wisata-religius/ dijelaskan kalo Beliau keturunan dari HB 2

    BalasHapus